Cara Mengecat Tembok Yang Benar Untuk Pemula

Cara Mengecat Tembok Yang Benar Untuk Pemula

Hornimorava –┬áCara mengecat dinding sangat mudah dan berguna jika Anda berencana untuk mengubah tampilan rumah Anda. Dengan mengecat dinding sendiri, Anda juga bisa meminimalisir biaya tukang untuk mengecat, sehingga menghemat budget Anda.

Anda tinggal menyiapkan cat dan bahan untuk mengecat dinding, sesuai dengan warna dan konsep yang diinginkan. Baca lebih lanjut tentang cara mudah mengecat dinding rumah.

Untuk mendapatkan hasil warna dan dinding yang maksimal sesuai keinginan, Anda harus memperhatikan cara mengecat dinding dengan baik dan benar. Berikut langkah-langkahnya:

1. Lakukan Persiapan yang Matang

Pertama-tama, wajib menyiapkan semua yang diperlukan untuk mengecat rumah. Berikut beberapa peralatan yang harus disiapkan: selotip, selotip, tangga, amplas, koran, dempul, kuas, rol, ember cat, dan tentunya cat yang akan digunakan.

Buatlah daftar apa saja yang Anda perlukan agar tidak melupakan apa pun dan tidak membuang waktu untuk mencari barang yang tidak ada.

Sebelum mengecat dinding, pastikan dinding rumah bebas dari debu. Bersihkan terlebih dahulu dinding dari debu agar permukaannya lebih halus dan rata. Gunakan penyedot debu, kemoceng atau lap untuk membersihkan dinding.

Jika Anda melihat noda bertekstur cukup besar di dinding, bersihkan dengan campuran air dan detergen serta spons.

2. Pastikan Dinding Sudah Siap Untuk Dicat

Selanjutnya siapkan area dinding yang akan dicat dan tutupi area yang tidak ingin dicat. Untuk mencegah cat bersentuhan dengan bagian yang tidak ingin dicat, seperti bingkai jendela, tepi atap, dan gagang pintu, gunakan selotip atau selotip untuk menutupinya.

Pastikan juga semua benda dan perabotan di sekitar area pengecatan tertutup koran atau pembungkus lainnya, begitu juga dengan lantainya. Jangan lupa melepas selotip atau selotip sebelum cat mengering agar tidak terpeleset!

Untuk hasil pengecatan terbaik, tutupi semua retakan dan celah pada dinding dengan plamir dan ratakan dengan amplas. Setelah itu, aplikasikan primer sebelum Anda mulai mengecat agar cat akhir di dinding rata dan mengkilap.

Jika ada retakan pada dinding, Anda juga bisa menutup retakan tersebut dengan terlebih dahulu diplester dan diamplas dengan lembut. Aplikasikan juga primer sebelum mengecat agar hasil akhirnya seragam dan mengkilat.

3. Siapkan Cat yang Akan Anda Gunakan

Sebelum digunakan sebaiknya cat diaduk agar tidak ada gumpalan dan warna yang dihasilkan lebih optimal. Aduk cat selama lima menit dan tambahkan 10% air ke dalam campuran cat.

Kemudian lapisi permukaan dinding dengan cat water based atau solvent based berkualitas tinggi agar cat lebih halus, rata dan tidak cepat terkelupas. Untuk menjaga keawetan warna, Anda juga bisa menggunakan wall sealer agar sesuai dengan pH semen dan pH cat.

4. Pelajari Kuas Dan Metode Mengecat

Menggunakan roller saat mengecat akan sangat membantu dalam mengecat area dinding yang luas. Namun, jika ingin mengecat area sempit seperti tepi dan sudut ruangan, gunakan kuas kecil untuk hasil yang bersih dan detail. Kuas juga bisa digunakan untuk menciptakan ilusi tekstur pada dinding.

Saat mengecat dinding, gunakan metode zigzag naik turun secara berulang agar dinding terlapisi secara merata. Dengan menggunakan cara ini, hasil cat Anda akan lebih bersih, halus, dan merata. Pastikan tidak ada area yang tidak dicat di dinding.

5. Mulai Mengecat

Terakhir, mulailah mengecat dinding dengan warna yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengubah warna dinding menjadi warna selain putih, ampelas dulu dinding untuk menghilangkan warna lama. Atau anda bisa menggantinya dengan memberikan warna dasar putih terlebih dahulu karena warna dasar putih akan membuat warna cat menjadi lebih terang.

Agar kualitas warna dinding sama, Anda perlu mengerjakan satu permukaan dalam satu waktu. Interval waktu antara lapisan satu dan dua kira-kira 1-2 jam.

Sumber:

Rumarumi.com